Wednesday, January 3, 2018

Cara Memilih Rubiks Cube yang benar

Sebelum kalian tau metode penyelesaian rubiks dan segala macem, tentu hal yang terpenting adalah memilih rubiks itu sendiri.



Jika kalian mempunyai target "aku pengen lebih cepat menyelesaikan rubiks ini" jadi kamu tipe speedcuber.
Oleh karenanya kamu perlu memilih Speed Cube.

Speed Cube memang beda dari rubiks yang dijual seharga 20 ribu an di toko mainan. Rubiks yang ini tentu licin dan anti macet atau nyangkut. Ya walaupun harganya sedikit lebih mahal tapi worth it lah.






Nah yang perlu kamu perhatiin kalau mau beli speedcube :



1. Gliding (Bukan Gelinding)


 Artinya putaran rubiks nya
dinilai berdasarkan tingkat kelicinan dan berat / ringan nya putaran serta suara yang keluar pada sebuah rubik. rubik yang licin tetapi berisik sering disebut Crispy cube, saat ini kebanyakan Cubers lebih suka yang glidingnya smooth (tidak berisik).








 2. Cutting Corner 


Artinya gerakan memotong, maksudnya adalah melakukan gerakan yang bertabrakan dengan bagian rubik lainnya yang belum memutar sempurna (90 derajat), dinilai berdasarkan luas sudut yang dapat diCut, dan seberapa lancar cuttingnya. (Note : rubik speed cube standar nya memiliki cutting corner 45 derajat)

3. Anti Pop Out 


Fitur yang harus dimiliki pada rubik speed cube, yaitu tidak mudah copot saat dimainkan cepat, fitur ini bergantung dengan mekanisme rubik masing masing. Rubik speed cube yang mahal juga biasanya tetap dapat terjadi pop out, fitur ini akan berkebalikan dengan cutting corner, bila settingnya dikendurkan Cutting corner akan bertambah tetapi akan mudah pop out.







4. Anti Lock up


Fitur yang lebih wajib dimiliki oleh rubik speed cube, yaitu tidak nyangkut saat dimainkan, wajar nya setiap rubik pasti memiliki kondisi lock, tetapi pada rubik speed cube biasanya lock lebih jarang terjadi.








5. Berat Rubik 

 rubik speed cube normal memliki berat kisaran 60 sampai 100 gram. bila lebih biasanya rubik akan terasa berat putarannya, berat ini juga bergantung dengan bahan plastik yang digunakan.
contoh rubik yang ringan adalah YJ guanlong (64gram),
contoh rubik yang berat tetapi nyaman digunakan adalah Fangshi (92gram),
ada juga contoh rubik yang sangat berat adalah rubik QJ Megaminx tiled color (152gram)

6. Color Scheme & sticker 


Artinya skema warna, yang internasional rubik memiliki skema warna : (putih berlawanan dengan kuning , merah dengan oranye, dan hijau dengan biru) ,
untuk bahan nya sendiri ada banyak tipe yaitu:
- Vinyl sticker = semacam sticker plactik mengkilap (contoh YJ / Moyu)
- Glossy stciker =  bahan kertas sticker laminating (Yuxin)
- Tiled Color = bahan dari plastik solid & keras, ditempel pakai lem / ada lubang slot nya
- Sticker Less = warna plasti pada setiap sisi berbeda, tidak pakai sticker
- Painted Spray = cat semprot
- Texture stciker  = mirip dengan vinyl sticker bedanya warna nya lebih redup , dan sticker lebih kasar ditangan , karena ada tekstur nya agar tidak licin di jari.

No comments:

Post a Comment

DONATE